Alur CEK FISIK Kendaraan Bermotor



Hai tretan BBM, kali ini aku mau share hal-hal kecil nih. Mungkin menjelang lebaran setiap individu akan membutuhkan dana yang banyak dan terkadang harus pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan selama menjelang atau saat lebaran, nah tempat favorit untuk meminjam uang bagiku adalah pegadaian dengan motto "Mengatasi Masalah Tanpa Masalah". Mungkin bagi sebagian orang juga akan memilih meminjam uang dengan menggadaikan barang miliknya dan direkomendasikan ke pegadaian karena selain cepat, dana pinjaman yang diberikan lebih banyak juga dengan bunga yang lumayanlah.
Syarat-syarat untuk menggadaikan Kendaraan Bermotor yaitu:
  1. Foto copy KTP
  2. BPKB
  3. STNK
  4. Cek Fisik Kendaraan Bermotor

Cek fisik ini sebenarnya sangat mudah karena tinggal menuju samsat terdekat saja dan persyaratannya mudah, walaupun dipapan persyaratan tertulis:
  1. KTP ASLI
  2. STNK ASLI
  3. BPKB ASLI
Tapi dalam praktiknya aku hanya perlu menyerahkan STNK Kendaraan bermotorku saja, mungkin untuk mempermudah proses saja. Setelah mendapatkan lembaran Cek Fisik dan semacam stiker khusus untuk Cek Fisik Kendaraan, kemudian pemohon tinggal menuju petugas cek fisik dengan menyerahkan lembaran dan stiker yang didapat dari loket pendaftaran Cek Fisik sebelumnya. Setelah itu petugas lapangan cek fisik tinggal melakukan tugasnya untuk mencatat nomor rangka kendaraan pemohon dan setelah selesai pemohon tinggal menuju ke loket pendaftaran untuk menyerahkan hasil cek fisik tadi, nah dari sini nantinya petugas akan meminta pemohon untuk masuk ke dalam ruangan dan pemohon akan membayar sejumlah uang, untuk motorku dikenakan biaya Rp 30.000 untuk biaya administrasinya. Oya untuk kenapa diminta masuk ke dalam ruangan peetugas pendaftaran aku juga tidak mengerti namun diikuti sajalah karena aku pikir memang begitulah prosedurnya (^_^).
Nah begitulah ceritaku dan prosedur yang dibutuhkan untuk melakukan Cek Fisik Kendaraan Bermotor yang menjadi salah satu syarat untuk menggadaikan Kendaraan Bermotor kepada Pegadaian, semoga info ini bermanfaat buat tretan BBM.
Sampai jumpa tretan BBM
(^_^)

Komentar